Sunday, January 13, 2013

pose yoga untuk pegal-pegal

Sejak mulai ikutan yoga 4 bulan yang lalu, gw bener-bener jatuh cinta. Yes, the poses are hard, and sometimes you just want to kill your yoga instructor, tapi setelah latihan badan terasa enak banget. Juga gw yakin yoga berkontribusi besar pada program workout gw (gym 3x seminggu). Badan lebih cepat terlihat lean, dan fat lebih cepat hilang.

Saking senengnya dan karena gw tipikal overachiever, gw mulai nambah yoga di rumah dengan menggunakan resource video-video yang tersedia di internet. Awalnya gw cuma mau catch up biar bisa melakukan berbagai pose di kelas dengan lebih mudah. Gw cari video yang basic banget biar posenya bisa bagus (kalau di rumah kan bisa lebih konsentrasi), dan juga membiasakan badan dengan berbagai pose secara lebih gradual (kalau di kelas kan gurunya sadis, langsung kasih yang berat-berat). Kemudian praktik ini terbukti berguna karena gw mulai skipping classes karena hujan, kecapekan, malas bangun pagi, nggak ada transport, dsb dsb.... Tanpa kelas pun gw tetap mempraktikan yoga di rumah. 

Lalu awal tahun ini gw membuat resolusi untuk mengurangi kegiatan pijet. Sebagai informasi, saya dan pacar saya addict pijet (Bersih Sehat atawa Kenko). Pijet adalah kegiatan favorit kami SETIAP akhir pekan. Parah kan? Jadi gw berniat untuk mengurangi pijet di tahun ini. Sebulan sekali harusnya cukup lah. Akan tetapi program workout di gym yang cukup berat dan kadang juga sequence yoga yang gw ikutin bikin otot terasa super pegal. Kalau udah begini, sangat tergoda deh untuk pijet. Tapi dengan memilih latihan yoga yang banyak stretching, kita bisa menghilangkan pegal-pegal itu sehingga tidak perlu pijet. Baru siang ini saya terkagum-kagum dengan manfaat beberapa pose yoga untuk mengilangkan pegal-pegal pada beberapa bagian otot. Weekend ini, saya merasakan pegal luar biasa pada leher, pundak, juga paha depan dan belakang. Beberapa pose yoga yang sangat menghilangkan pegal adalah:

Pundak

1. Eagle arms (Garudasana)

2. Dolphin pose (Makarasana) --> sumpah yang ini enak banget

Quadriceps (Paha depan)

One-legged King Pigeon Pose (Eka Pada Rajapoksatana)

Hamstring (paha belakang)

Wide-Legged Forward Bend

Head to Knee (Janu Sirsasana)

Sumpah habis melakukan pose-pose ini badan terasa enaak banget dan sebagian besar rasa pegal menghilang! I love the internet! :D

No comments:

Post a Comment