Saturday, December 10, 2011

le catching up hitchcock movies

Percaya atau enggak, saya mulai nonton film Hitchcock untuk melihat baju-baju keren di film itu. "To Catch A Thief" disebut sebagai salah satu film yang wajib tonton sebagai referensi gaya oleh Nina Garcia di bukunya. Grace Kelly was playing in that movie.


Lalu saya nonton "Rear Window", another of Grace Kelly in a Hitchcock movie, another super stylish movie, dan di sinilah saya mulai kecanduan.


Bukan, bukan bajunya (saja), tapi juga kenikmatan filmnya, dan kebrilianan beliau menciptakan suspense yang terkesan effortless. Allow me to fill you in on several of my favorite.

Rear Window

The movie that got me into it. Ceritanya tentang seseorang yang karena patah kaki gak bisa ngapa2in sehingga terpaksa ngeliatin kegiatan tetangganya melalui jendela belakang rumahnya. Dia mencurigai bahwa terjadi pembunuhan di salah satu rumah tetangganya tapi nggak ada bukti. Film ini tegang banget tanpa ada adegan kekerasan yang brutal. Briliant.

Dial M for Murder
Ketegangan film ini justru karena kita cemas rencana si penjahat nggak berhasil. Betapa briliannya bukan!!!! Plot cerita diatur agar kita mengetahui rencana si penjahat dengan sangat mendetil, kemudian kita diajak ke eksekusinya yang menemui hambatan-hambatan kecil tapi fatal, dan kita dibuat tegang melihatnya karena kita tau detil rencana yang semestinya kaya apa.

Sejauh ini dua itu lah favorit saya dan membuat saya sangat kagum dengan sang sutradara. Film-film lainnya ceritanya tidak sebrilian itu, tetapi semuanya sangat nikmat untuk ditonton dan punya kebrilianan tersendiri. Sangat tegang, atau bikin curious (film-film bertemakan spionase). Saya gak berani nonton Psycho dengan full audio, suara saya matiin di adegan2 seremnya. Gak kuaaaatt, habisnya nonton sendirian sih.


Lalu saya mengira saya udah nonton semua film-film pentingnya Hitchcock ya, selain yang udah disebut di atas; Notorious, The 39 Steps, North by Northwest, Strangers on a Train (penting abis, menginspirasi beberapa cerita di serial TV detektif), The Lady Vanishes, Vertigo. Ternyata masih ada Rope, Spellbound, Rebecca dan Shadow of a Doubt.


Dan itu baru yang terkenalnya. Belum film2 lainnya yang gak begitu populer.

Ok got to go! Got some catching up to do!

No comments:

Post a Comment