Wednesday, December 7, 2011

Nonton film tapi yang dipelototin bajunya: Fashionable Films

Ya ya ya, Breakfast at Tiffany's. Hoaem. Bosen ah, eksplorasi saya udah lumayan jauh untuk menganggap style di film itu membosankan. Hehehe. Film-filmnya Hepburn memang dianggap fashionable tapi menurut saya sedikit yang applicable untuk kita sehari-hari, kebanyakan gaun-gaun over the top yang bikin drooling memang, tapi gak mungkin dipake buat besok ke kantor. Selain itu, karena gaun ya emang udah cakep dari sononya, jadi gak melibatkan 'kreativitas'.

Semenjak "The Devil Wears Prada", saya jadi agak terobsesi untuk tampil gaya. Nggak mungkin segaya tokoh-tokoh di film itu sih, ampun DJ, nggak kuat atuh kalo disuruh beli Hermes atau Chanel. Kayaknya sih yang terdorong oleh film itu bukan saya doang, soalnya perasaan semenjak film itu industri gaya-gayaan semakin menggila, dan terasa bahwa keinginan untuk tampil gaya semakin diakomodasi oleh industri, bukti bahwa permintaan pasar memang meningkat. Nina Garcia aja sukses jualan buku yang ngajarin cewek-cewek untuk tampil bergaya.

Salah satu korbannya saya. Kemudian dari bukunya Nina Garcia, obsesi saya terhadap film pun dimulai. Kok bisa?

Soalnya beliau ngajarin untuk nyari inspirasi dari film dan menyertakan daftar film-film yang menginsipirasinya. Dari situ, pe-er saya dimulai, dan ini adalah beberapa film yang fashionnya berkesan buat saya:

And God Created Woman (1956)


I'm no Brigitte Bardot, and I'll never make a shirtdress looked that hot, but I don't care, I want one!


Annie Hall (1977)


Kepingin banget wide-legged pants. Kemarin nyoba di Gap dan hasilnya gw keliatan bongsor berat, gara-gara pinggul dan pantat gw yang gede banget :'(

Inglourious Basterds (2009)


Eits jangan salah, kebanyakan filmnya Tarantino itu gaya abis loh (if you can get over the bloody parts). Untuk yang ini, saya paling suka adegan Shosanna Dreyfus duduk di cafe, baca buku, minum wine dan merokok. Topinya....*sigh*

Factory Girl (2006)


Ampe gak tau mau masang foto dari shot yang mana. Semuanya gaya abis.

Midnight in Paris (2011)

Shirtdress! Shirtdress! Damn shirtdress!

Tentunya masih banyak lagi yang menginspirasi gaya berpakaian dan beraksesori. Ini hanya segelintir saja yang saya ingat saat ini. Post ini akan terus saya edit jika teringat atau baru nonton film yang bagus. Tapi dari rajin nonton film yang tadinya demi ngeliat baju-bajunya aja, saya jadi senang nontonin berbagai film (lama maupun baru, berbaju gaya maupun enggak), terutama film-film 'landmark' yang sering jadi referensi pop culture. Yang jelas pengetahuan saya jadi nambah dan beberapa film sangat enjoyable, bukan cuma melototin bajunya doang. 

Sebaliknya sekarang kalau nonton film apapun, jadi merhatiin baju para tokohnya. Oh ya sutradara yang kayaknya cukup merhatiin aspek fashion di film-filmnya adalah Tarantino (Pulp Fiction -d'uh!-, Inglourious Basterds, Reservoir Dogs), Hitchcock (Rear Window, among others, semuanya keren sih), Woody Allen (Annie Hall, Midnight in Paris - baru nonton dua ini tapi keren banget sih yeee). So I'm gonna watch out for their movies.

Ada yang punya rekomendasi?

No comments:

Post a Comment